Telaga Warna

4.6 /5 (5 ulasan)

Dieng, salah satu destinasi wisata yang banyak digandrungi oleh wisatawan dari dulu hingga kini.

Bukan tanpa alasan, Dieng memang menjanjikan pesona keindahan alam asri yang menyejukkan mata. Sebut saja Telaga Warna.

Seperti namanya, telaga yang berada di ketinggian 2.000 mdpl ini memiliki tiga warna pokok yang dapat berubah-ubah, yaitu hijau, kuning dan pelangi.

Perubahan warna pada telaga ini ternyata dipengaruhi oleh kandungan sulfur yang terdapat di dalamnya.

Sehingga, saat terpapar sinar matahari, warna air dalam telaga ini akan berubah-ubah.

Legenda

Menurut legenda yang beredar, telaga warna ini terbentuk akibat tangisan dari penduduk kerajaan dikarenakan sang putri kerajaan menolak kalung pemberian ayahnya di hari ulang tahunnya.

Kesedihan itulah yang menyebabkan penduduk kerajaan turut bersedih, hingga air mata membanjiri wilayah tersebut.

Baca juga: Bukit Sikunir di Dieng, Wonosobo.

Daya Tarik

Telaga Warna nyatanya tidak hanya memanjakan pengunjung dengan keindahan serta keunikan warna airnya yang dapat berubah-ubah.

Namun di sini kamu juga bisa explore tempat-tempat lain yang masih berada dalam satu wilayah dengan Telaga Warna.

View Alam yang Memukau

Pemandangan Telaga Warna Dieng
Foto: @telagawarnadieng

Sebelum sampai di lokasi wisata, selama perjalanan kamu akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang mempesona.

Kebun sayur milik warga setempat yang berbentuk terasering merupakan hal yang hanya kamu temukan di dataran tinggi seperti Dieng ini.

Saat pertama kali memasuki kawasan Telaga Warna, atmosfir alam disini begitu menenangkan.

Waktu yang tepat berkunjung ialah pagi atau siang hari saat matahari menyinari langsung dan berada diatas danau.

Sedangkan ketika sudah sore, biasanya kabut mulai turun dan menyelimuti area Telaga Warna.

Baca juga: Candi Arjuna di Dieng, Banjarnegara.

Trekking Mengelilingi Danau

Trekking di Telaga Warna Dieng
Foto: @22imann

Sembari menikmati panorama alam yang memukau, kamu bisa menyusuri jalan setapak yang mengelilingi Telaga Warna.

Lalu sesampainya di ujung, kamu akan menemukan sebuah jembatan yang menghubungkan dengan Telaga Pengilon.

Jangan lupa untuk mengabadikan momen dengan background panorama yang indah.

Baca juga: Gunung Prau di Banjarnegara & Wonosobo.

Panorama dari Atas Bukit

Telaga Warna dari Bukit Pandang
Foto: @abibun

Cara menikmati bentang alam yang luas seperti perairan memang paling pas dari ketinggian.

Maka dari itu, sebaiknya kamu bekunjung ke sebuah bukit batu pandang yang bernama Bukit Ratapan Angin.

Bukit ini masih berada di lokasi yang sama dengan Telaga Warna dan Telaga Pengilon.

Jadi, kamu tidak usah khawatir untuk merogoh kocek lebih dalam lagi.

Selain pemandangan dua telaga yang cukup ikonik, landscape yang ditawarkan lainnya ialah puncak gunung sindoro serta view bukit dan pegunungan Dieng.

Baca juga: Kawah Sikidang di Dieng, Banjarnegara.

Mengunjungi Bermacam Goa

Goa Di Sekitar Telaga Warna Dieng
Foto: @jeppy_satria

Tidak selesai di batu pandang, mengunjungi Telaga Warna sepertinya kurang lengkap jika kamu tidak mampir ke berbagai macam goa yang berada di sekitar telaga tersebut.

Sebut saja Goa Semar, Goa Sumur Eyang Kumalasari, Goa Pengantin dan Goa Jaran.

Masing-masing goa tersebut tentunya memiliki keunikan tersendiri. Seperti Goa Semar yang memiliki kolam kecil di dalamnya.

Air dalam kolam tersebut dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit serta membuat kulit jadi cantik terawat.

Keunikan tersebut tentunya bisa kamu rasakan sendiri kalau kamu berkunjung ke Telaga Warna.

Baca juga: Telaga Menjer di Dieng, Wonosobo.

Rute ke Lokasi

Lokasi:Desa Dieng Wetan, kecamatan Kejajar, kabupaten Wonosobo
Jam Buka:Setiap hari (8.00 – 17.00 WIB)
Akses Jalan:Beraspal dan mudah dijangkau
Petunjuk:Google Maps

Berhubung Telaga Warna merupakan obyek wisata di Dieng yang populer, tentu untuk menuju ke lokasi ini tidak terlalu sulit.

Ada banyak petunjuk yang bisa kamu ikuti serta akses jalan yang sudah cukup nyaman.

Kendaraan Pribadi

Bagi kamu yang menggunakan kendaraan pribadi, dimulai dengan menuju alun-alun kota Wonosobo.

Di alun-alun tersebut, terdapat jalan Dieng yang berada di sebelah barat alun-alun.

Ikuti jalan Dieng tersebut sampai ke kawasan wisata Dieng Plateau.

Di sini kamu akan menemukan sebuah pertigaan besar, kemudian ambil kiri untuk menuju ke Telaga Warna.

Kendaraan Umum

Apabila kamu menggunakan kendaraan umum, kamu harus turun di pertigaan tersebut.

Setelah turun, kamu harus jalan kaki sekitar 1 km. Tapi kalau malas jalan kaki, tenang saja. Kamu bisa menggunakan ojek yang ditawarkan oleh warga setempat.

Harga Tiket Masuk

Tiket Masuk:Rp. 10.000 (weekday)
Rp. 12.500 (weekend)
Biaya Parkir:Rp. 5.000
Jasa Foto:Rp. 5.000 / foto

Harga tiket yang tertera di atas bisa saja berubah sewaktu-waktu. Khususnya pada saat libur lebaran dan akhir tahun, harga tiket biasanya naik.

Tanya Jawab

Apakah jalur aman dilalui oleh motor?

Jalur menuju wisata ini sudah baik (halus) dan lebar. Hanya saja kondisi jalan khas pegunungan yang naik-turun dan berkelok. Pengendara harus waspada.

Apakah bisa camping di sekitar area Telaga Warna?

Tidak ada tanda-tanda bekas camping di sekitar area ini. Tapi bagi kamu yang ingin camping di daerah Dieng, bisa coba camping di Telaga Cebong yang ada di kawasan Bukit Sikunir. Bisa lihat golden sunrise!

Kalau dari daerah timur, lebih baik lewat rute mana ya?

Kamu bisa menuju ke daerah Secang lalu lewat Temanggung dan Kertek hinga menuju ke kabupaten Wonosobo. Setelah itu, tinggal arahkan kendaraan menuju Dieng.

Itu dia pembahasan mengenai tempat wisata Telaga Warna yang terletak di kecamatan Kejajar, kabupaten Wonosobo. Segera agendakan kunjunganmu bersama kerabat maupun keluarga.

Suka mengunjungi tempat-tempat baru disela-sela kesehariannya menatap layar komputer.

5 pemikiran pada “Telaga Warna”

  1. perjalanan berkesan ke Dieng, malem malem tanpa persiapan, kedinginan di jalan dan bertemu penduduk sekitar yang baik banget (namanya Mas Tri — beliau nawarin nginep di homestaynya dengan gratis karena udah malem dan ngeliat kami kedinginan) kebetulan homestay-nya kosong dan baiknya lagi, air panasnya bisa berfungsi. ya allah, sumpah baik banget si mas tri ini.

    keesokan harinya bangun kesiangan dan langsung ke telaga dieng. viewnya subhanallah dan ngga begitu rame visitor (cuman ada 1 grup bule yang sedang explore juga)

    vegetasi tumbuhan masih lebat, viewnya subhanallah bagus banget. jalanan di hutan juga bersih — sampah sedikit.

  2. Kemarin pas ke sana air di telaganya surut, maybe karna habis kemarau panjang. Tp ketika kita sampai di sana, kita gak cuma bisa liat telaganya. Di dalam ada teater, telaga pengilon, batu tulis dengan hanya membayar tiket satu kali. Eits sebelum sampe telaga, kita bisa juga mampir ke gardu pandang sm tuk bima lukar lho gratis tp untuk yg bawa mobil usahakan jgn hari libur karna jalannya susah untuk dilewati 2 mobil sekaligus alias macet bgt gitu pas liburan

  3. Bagi yg suka pemandangan air tempat ini bagus, tempatnya rindang, segar, utk yg suka foto hampir sepanjang jalan bisa dijadikan spot yg bagus, kalau ingin dpt spot tanpa back ground pengunjung yg lain pilihlah hari kerja saat berkunjung, biaya masuk murah. Bagi pemancing tempat ini kurang cocok krn sepertinya tdk ada ikan hidup disana(mungkin) akibat air bercampur belerang

  4. Pernah liburan kesini sih bareng keluarga..
    Awalnya ngga kepikuran mau kesini..
    Eh pass nyetir ke barat barat dan lebih barat lagi,, memutuskan untuk ke dieng aja yah..

    Ya udah..
    Alhasil mampirlah kesini..
    Sumpah.. view nya keren abiiss..
    Apalagii di tambah warna air danau nya yg hijau2 uggg… Mirip greencanyon banget..

    Walopun bukan sih.. tp ini okeh bgt..
    Buat yg mau telusur atau muterin dananu,, bisa banget..
    Tp awas gempor ya..

    Selamat wisata..
    Ets.. tiket nya juga lumayan murah kok..

  5. Wisata alam di pegunungan dieng,telaga dengan warna hijau berkilauan di kelilingi pohon2 dan beberapa tanaman hias,jika dari spot foto di bagian awal masuk,maka akan terlihat latar belakang pegunungan yg berkabut,bersuhu dingin bisa sampai 14 derajat.
    Air telaga memiliki kandungan belerang karna di sudut lain telaga terdapat kawah kawah kcil yg aktif.
    Paket wisata di telaga warna ini sdh termasuk telaga pengilon dan beberapa gua gua dan situs,terdapat jg jembatan gantung.
    Harga tiket masuk untuk wisatawan domestik pd hari libur/minggu 15.000,bukan harga yg terlalu mahal.

Tinggalkan komentar