Curug Cilember

4.6 /5 (9 ulasan)

Ada berbagai cara untuk merefresh pikiran yang kusut setelah hampir sepekan digunakan untuk beraktifitas.

Salah satu yang bisa kamu lakukan ialah berwisata alam.

Menikmati pemandangan bentukan semesta nampaknya memang tidak pernah salah.

Bagi kamu yang berdomisili di daerah Ibukota dan sekitarnya, mungkin kini saatnya kamu memutar kemudi menuju Curug Cilember.

Sebuah air terjun yang terletak di ketinggian 900 mdpl, kawasan strategis yang ada di Puncak, Bogor.

Baca juga: tempat wisata di Puncak Bogor.

Daya Tarik

Curug Cilember berada di area seluas sekitar 7 hektar dengan dominasi pohon pinus merkusi.

Air terjun ini berada di belantara hutan yang asri dan tenang. Sesampainya di kawasan ini, kamu akan merasakan suhu udara antara 18 sampai 23 derajat celcius.

Untuk mencapai Curug Cilember, kamu diharuskan melakukan hiking.

Namun jangan khawair, karena semua akan terbayar ketika kamu sudah sampai di lokasi.

Beberapa hal menarik yang bisa kamu nikmati sesampainya di sana adalah sebagai berikut.

Baca juga: curug bidadari bogor.

Pesona 7 Curug

Panorama di Curug Cilember
Foto: @baas_saputra
Pesona di Curug 7 Cilember
Foto: @rafasukoco

Sebutan lain dari Curug ini ialah Curug 7 Cilember.

Disebut demikian tentu bukan tanpa alasan. Air terjun satu ini memang memiliki 7 buah air terjun yang bertingkat-tingkat.

Ke-tujuh curug ini berada di lokasi yang berbeda, tetapi masih terhitung satu kawasan.

Sekedar info, bahwa sistem penomoran curug dimulai dari yang tertinggi sebagai curug nomor satu dan curug terendah ialah curug ke-7.

Bagi kamu yang gemar eksplorasi alam, sepertinya kamu harus menaklukan ke 7 curug ini. Sebab, banyak yang gagal dan hanya mampu sampai di curug ke-5 saja.

Baca juga: curug ciherang di Bogor.

Berenang di Bawah Air Terjun

Berenang di Curug Cilember
Foto: @san_zhe19

Hampir seluruh curug memiliki area kolam dibawahnya.

Para pengunjung pun sering memanfaatkan kolam ini dengan berenang ataupun sekedar bermain air.

Bayangkan saja bereneng dengan panorama indah yang mengelilingi kegiatan bermain air kamu. Sungguh menyenangkan bukan?

Baca juga: curug cilember di Bogor.

Menikmati Kesejukan Hutan Pinus

View di Curug Cilember
Foto: @rafasukoco

Jika kamu sudah mulai memasuki kawasan ini, kamu akan langsung disambut oleh keberadaan pohon-pohon pinus yang menjulang tinggi.

Hutan ini memiliki luas 2 hektar dengan tanaman berupa Agathis, Rasamala, dan Pinus sebagai dominasi.

Baca juga: gunung pancar di Bogor.

Berkemah di Curug Cilember

Camping di Curug Cilember
Foto: @sinkaapr

Bagi kamu yang kurang puas hanya dengan menikmati pesona Curug Cilember hanya dengan berkeliling, kamu bisa berkemah di Camping Ground di sini.

Tenda-tenda perkemahan ini akan sering kamu temui di perjalanan kamu menuju Curug Cilember.

Jika ingin ikut merasakan suasana kemah di lokasi ini, kamu bisa memesan paket camping ke pengurus di sana, namun dengan tarif tambahan tentunya.

Kamu juga tidak perlu repot membawa tenda dari rumah, karena di sini disediakan juga tempat penyewaan tenda lengkap dengan matras dan sleeping bag.

Baca juga: curug leuwi hejo di Bogor.

Konservasi Kupu-Kupu

Konservasi Kupu Kupu di Curug Cilember
Foto: @inkaapr

Obyek wisata satu ini juga terkanal dengan tempat konservasi kupu-kupunya.

Bangunan untuk konservasi ini berbentuk kubah dengan jaring raksasa yang menampung kurang lebih 12 jenis spesies kupu-kupu.

Tempat konservasi ini memiliki luas 500 meter persegi dan dipenuhi dengan berbagai macam tanaman serta bunga.

Di sini kamu juga bisa menyaksikan metamorfosis kupu-kupu dari mulai berbentuk telur, ulat, kepompong, hingga menjelma menjadi kupu-kupu yang cantik.

Outbond Seru

Wahana Outbound di Curug Cilember
Foto: @rismantika

Setelah puas menikmati pesona Curug Cilember, sempatkanlah untuk berkunjung ke berbagai macam wahana serta outbond yang disediakan.

Beberapa diantaranya seperti flying fox, panahan, serta sepeda gantung.

Lokasi wahana sepeda gantung ini berada tepat di depan air terjun. Sangat instagramable kan?

Rute ke Lokasi

Lokasi:Jl. Raya Puncak, Desa Cilember, kec. Cisarua, kabupaten Bogor
Jam buka:Setiap hari (24 jam)
Akses jalan:Bagus dan beberapa titik tanjakan terjal
Petunjuk:Google maps

Jika kamu ingin berkunjung ke Curug Cilember, rute yang bisa kamu lewati adalah sebagai berikut.

Dari Bandung

Bandung (Pasteur) – Gerbang Tol Pasteur – Tol Purbaleunyi (Cipularang) – Keluar di Padalarang – Cipatat – Curug Cilember.

Dari Monas

Medan Merdeka Barat – MH.Thamrin – Bundaan HI – Jenderal Sudirman – Semanggi – Gatot Subroto – Gerbang Tol Semanggi – Gerbang Tol dalam Kota – Interchange Cawang – Tol Jagorawi – Exit Gandok Puncak – Cisarua – Curug Cilember.

Harga Tiket Masuk

Retribusi:Rp. 25.000 per orang
Biaya parkir:Rp. 10.000
Sewa Tenda:Rp. 30.000
Jasa foto:Rp. 5.000 per foto (softcopy)

Tanya Jawab

Bagaimana kondisi jalan menuju ke lokasi?

Cukup bagus dan bisa dilalui oleh motor maupun mobil. Ada tanjakan terjal di beberapa titik. Pastikan kendaraan kamu prima agar tidak mengalami gangguan.

Apakah bus bisa masuk ke lokasi wisata?

Tidak. Ada tempat parkir khusus untuk bus. Setelah itu, pengunjung harus jalan kaki menuju pintu masuk sekitar 10 menit.

Bagaimana rute dari stasiun Bogor dengan menggunakan kendaraan umum?

Pertama, gunakan angkot nomor 03 dengan jurusan ke Sukasari. Setelah turun di Sukasari, gunakan angkot nomor 02 jurusan Cisarua. Kamu bisa turun di hankam atau depan warung sate HJ. Kodir 1. Setelah itu kamu bisa menggunakan ojek menuju Curug Cilember.

Fasilitas apa saja yang ada di camping ground?

Camping ground ada di curug 7 dan curug 5. Namun untuk yang paling luas dan memiliki fasilitas lengkap ada di curug 7. Beberapa diantaranya ialah toilet umum, mushola dan warung.

Itulah sekilas ulasan mengenai wisata Curug Cilember yang ada di Cisarua, Bogor. Mulai tentukan hari untuk menyambangi air terjun ini.

Suka mengunjungi tempat-tempat baru disela-sela kesehariannya menatap layar komputer.

9 pemikiran pada “Curug Cilember”

  1. Perjalanan kecurug cilember ini agak susah karena dia masuk kedalem dri jalan raya, dan jalannnya pun ga terlalu lebar
    Harus hati2 kalau ingin kesini

    Pemandangannya bagus2
    Air terjunnya jernih
    Banyak wisata lainnya bukan hanya air terjun aja
    Ada panahan, tembak2an, dan lain2
    Tapi setiap wahana yang lainnya harus bayar lagi

    Air terjunnya ada 7 nanti semakin ke atas perjalanannya semakin terjal dan jauh
    Hati2 sendal dan sepatunya jngan yang licin

    Banyak juga tukang jajan disini jadi bisa rehat di beberapa air terjun
    Tiket masuknya pun murah.

  2. Kalau kesini harus hati-hati karena jalanannya agak terjal dan kalau bawa anak-anak harus dijaga agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Waktu kesini pengunjung sangat ramai, dan kebersihan tidak terlalu dijaga sehingga ada sampah-sampah berserakan. Mungkin bisa di arahkan untuk tidak membuang sampah sembarangan.
    Selain ada air terjun disini juga ada tempat bermain seperti memanah, bermain bersama kelinci, bahkan mendirikan tenda.
    Musholanya cukup bersih untuk tempat wisata, tapi tempat wudhunya waktu saya kesini tidak banyak.

  3. Keren banget dah pokoknya .. walaupun Curug 7 dari pintu masuk sekitar 150 meter harus jalan, tapi walaupun harus jalan sejauh itu kalian gak bakal bosen dengan suasana yg dibangun di Curug ini, seperti adanya musik yg merdu disandingkan dengan suasana hutan, trus banyak tempat camp juga, ditambang banyak wahana yang masih worth bgt lah. Kebersihan GK diragukan. Pokoknya top markotop

  4. Ada sesuatu yang unik di kawasan rekreasi ini, yaitu terdapat penduduk sekitar yang menawarkan jasa menyusun bunga menjadi rangkaian tulisan atau simbol hati dan inisial nama di sudut-sudut hutan Curug Cilember.

  5. Curug cilember jd rekomndasi wisata yg cocok buat keluarga dan pasangan muda mudi..
    Jlan dr parkiran menuju curug cukup jauh tp tidak melelahkan krna byak spot yg bisa dkunjungi,. Ada spot untuk berfoto dgn bunga2, fto gaya ala indian, kasih mkan kelinci, byak tenda2 yg disewakan untuk menginap, byak tempat mkan dsekitr air terjun dan byak fasilitas outbond jg…selamat berlibur yaa..

  6. tempatnya bagus dan asri,lebih enak skalian camping jika berkunjung ke sini,hitung2 istirahat setelah menjelajah lokasi,untuk yg membawa makanan harus agak hati2 krn masih banyak kera liar di sini yg suka merebut makanan pengunjung,akses jln menuju lokasi sdh aspal tp agak sempit dan agak sulit jika dua mobil berpapasan,dan tarif masuk cukup murah…25rb per orang dan tambah 10rb jika camping…cuma syng arena bermain di dlmnya masih harus bayar lg….ada toilet dan tempat makan 24 jam.

  7. Wisata air terjun yg ada di Bogor. Sesuai namanya, ada 7 curug atau air terjun di tempat ini. Tiap curug lokasinya beda² tergantung ketinggiannya. Hati-hati saat hujan jalan setapak licin. Disarankan tidak pakai sandal jepit buat menuju ke lokasi curug. Dibutuhkan tenaga ekstra untuk menempuh curug tertingginya yg dikatakan paling indah. Karna harus melewati jalan setapak yg berliku dan curam.
    Di dalam kawasan wisata, ada juga beberapa wahana permainan lain seperti painball, taman bunga, flying bike.
    Harga tiket masuknya 25 ribu per orang.
    Parkir kendaraan cukup memadai.

  8. “Curug 7 cilember”
    Sebuah lukisan alam eksotis yang di buat oleh sang Maha karya pencipta dan di lengkapi oleh sentuhan tangan2 para seniman yang berjiwa “Back to nature for humanity”
    maka terciptalah sebuah wahana yang menyajikan aneka ragam destinasi yang terdapat di dalamnya terdapat 7 curug ( Air terjun ) yang tiap2 curug berbeda track perjalananannya sampai ke tingkat paling tinggi ( curug 7 )
    Sebuah destinasi alam yang banyak di butuhkan bagi mereka yang ingin melepas rasa lelah dan penatnya kehidupan kota yang panas dan penuh polusi…

  9. Cocok bangat nih tempat buat kalian yang mau liburan / ngilangin kegabutan di rumah, apalagi yang liburannya di isi cuma buat ghibahin orang wkwk. Di Curug 7 dan 5 bisa buat tempat ngecamp, kalo fav gue sih di Curug 5 lebih asik aje tempatnya dan masih ada lagi Curug 4, 2 di zona itu gak boleh buat ngecamp, kenapa?? Karena di zona itu gak ada tempat landai buat bangun tenda bro, apalagi masih banyak semak belukar nya. Khususnya buat Cowo apalagi jomblo! Cocok bangat ini tempat hahaha, sebelum naik ke Curug, ngopi dulu di warung pelayannya cewek cakep” lagi. Gak di situ aje sob di Curug 5 juga masih ada banyak bidadari dari kalangan daerah . Kalo ada monyet jangan keseringan di empanin nanti tuman kaya mantan. Gak percaya? Apa masih ragu? Dateng aje langsung bro&sis! Kalian bisa lihat foto foto yang gua share di bawah, karena ini masih musim kemarau jadi airnya agak surut.
    Sekian dari gua dan terimakasih.
    Sebenarnye masih panjang sih wkwk

Tinggalkan komentar