Leuwi Hejo

4.9 /5 (7 ulasan)

Sepertinya tepat sekali jika Bogor disebut-sebut sebagai kota wisata.

Bukan tanpa alasan, kota ini memang mampu menyuguhkan beragam wisata baik alam maupun buatan dengan pesona serta keunikan tersendiri.

Nah, yang kali ini akan kita bahas ialah Curug Leuwi Hejo.

Curug Leuwi Hejo merupakan sebuah air terjun yang dikenal akan keindahan serta kejernihan airnya yang memancarkan warna hijau ketika terpapar sinar matahari.

Tempat ini baru diresmikan pada 2014 lalu oleh Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) beserta dampingan Dinas Perhutani.

Baca juga: tempat wisata di Sentul Bogor.

Misteri

Leuwi Hejo berasal dari dua kata dalam bahasa sunda yaitu Leuwi yang dapat dimaknai sebagai tempat pemandian dengan air yang tenang, serta Hejo yang bermakna Hijau.

Selain memiliki keindahan yang alami, sisi misteri dari air terjun satu ini juga tak kalah menarik untuk disimak.

Sebelum terkenal dengan nama Leuwi Hejo, curug ini lebih dikenal dengan nama Curug Bengkok, karena aliran airnya yang tidak lurus.

Diceritakan pula bahwa ada tokoh yang menjaga tempat ini. Sehingga siapa saja yang datang dengan niat tidak baik atau berkata kotor, maka akan mendapat nasib buruk.

Tak hanya itu, air di Leuwi Hejo juga dipercaya oleh beberapa kalangan memiliki khasiat alami bagi para pengunjung yang berendam di dalamnya.

Khasiat tersebut seperti mampu menyembuhkan penyakit gatal-gatal sampai menyembuhkan kelumpuhan anggota gerak tubuh.

Baca juga: curug bidadari di Sentul, Bogor.

Daya Tarik

Pesona yang dimiliki oleh Leuwi Hejo membuat tempat ini disebut-sebut sebagai Green Canyon-nya kota Bogor oleh beberapa pengunjung.

Tak heran jika tempat ini akhirnya begitu banyak menarik wisatawan. Selain itu, hal menarik lain yang juga bisa kamu temukan di Leuwi Hejo ialah sebagai berikut.

Spot Foto Instagramable

Spot Foto di Leuwi Hejo
Foto: @agungsntsaa

Mengunjungi tempat indah sepertinya terasa kurang jika tanpa mengabadikan momen.

Kamu bisa berfoto dengan latar belakang aliran air terjun yang segar, tebing-tebing yang eksotis, pepohonan yang hijau lebat, maupun perairan yang hijau jernih.

Baca juga: curug ciherang di Bogor.

Air Jernih dan Menyegarkan

Keindahan di Leuwi Hejo
Foto: @monz_journey
Berenang di Leuwi Hejo
Foto: @monz_journey

Sesuai dengan nama belakangnya yaitu Hejo, Curug satu ini memang memancarkan pantulan warna air yang berwarna hijau kebiru-biruan.

Apalagi saat permukaan air terkena sinar matahari, warna hijau yang dipancarkan akan semakin berkilauan.

Selain itu, saking jernihnya kamu dapat melihat dasar dari kolam yang berupa bebatuan beserta tanah.

Namun, kamu harus tetap hati-hati ya, karena kedalaman air disini berkisar 1,5 sampai 3 meter dengan dasar bebatuan yang sangat licin akibat terendam air.

Baca juga: curug cilember di Bogor.

Tebing-Tebing yang Mempesona

Tebing Tebing di Leuwi Hejo
Foto: @herulakbar21

Layaknya curug pada umumnya, Leuwi Hejo juga dikelilingi oleh tebing-tebing yang memukau.

Warna kecoklatan dari tebing-tebing disekitar perairan ini terasa makin memperindah suasana yang disuguhkan.

Pepohonan yang tumbuh disekitar curug juga semakin menegaskan keasrian alam yang dimiliki.

Kalau kamu menyukai tantangan, cobalah melompat dari tebing ini menuju kolam air di bawahnya.

Untuk mendaki tebing-tebing ini, telah disediakan seutas tali tambang sebagai pegangan. Kamu tidak usah takut, karena lompatan ini dijamin aman dilakukan.

Baca juga: gunung pancar di Sentul, Bogor.

Berenang dan Bermain Air

Bermain Air di Leuwi Hejo
Foto: @blockmfc

Melihat air yang begitu hijau menyegarkan mungkin akan membuat kamu ingin segera menjatuhkan diri di dalamnya.

Beruntungnya, pengunjung diperbolehkan mencicipi kesegaran air dari curug ini.

Selain itu, kamu juga bisa merasakan guyuran air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 2 meter ini.

Perlu diketahui juga bahwa air di curug ini juga dikenal dingin lho!

Jadi, siap-siap saja kamu akan dibuat menggigil kedinginan ketika berenang di sini.

Explore 3 Curug Lain

Explore Curug di Leuwi Hejo
Foto: @wawfaris

Berkunjung ke Curug Leuwi Hejo ini seperti mendapatan Jackpot.

Sebab, kamu berkesempatan untuk menjelajahi tiga curug lain yaitu Curug Barong, Curug Cepet, serta Curug Leuwi Lieuk.

Untuk mencapai curug terdekat yaitu Curug Barong, kamu harus berjalan kaki dengan jalur yang terjal dan menanjak.

Oleh karena itu, sebaiknya jangan habiskan tenaga kamu hanya di Curug Leuwi Hejo saja.

Karena masih ada tiga curug lain yang menantimu. Untuk keterangan lebih jelasnya kamu bisa bertanya ke pengurus setempat ya!

Rute ke Lokasi

Lokasi:Desa Sukamakmur, kec. Cibadak, kabupaten Bogor
Jam buka:Setiap hari (6.00 – 17.30 WIB)
Akses jalan:Beberapa titik berlubang
Petunjuk:Google maps

Jika kamu ingin berkunjung ke Curug Leuwi Hejo, rute yang bisa kamu lewati ialah sebagai berikut.

Dari Bekasi

Mall Cileungsi – Jl. Raya Narogong – Jl. Gunung Putri – Jl. Mayor Oking – Citereup – Pertigaan Karang Tengah – Gunung Pancar – Leuwi Hejo.

Dari Jakarta

Tol Jagorawi – Exit Tol Sentul City (ambil kiri) – Sentul City – Giant Departement Store – Rainbow Hills Golf dan Polsek Babakan Madang – Pertigaan Karang Tengah – Gunung Pancar (ambil kiri) – Curug Leuwi Hejo.

Harga Tiket Masuk

Retribusi:Rp. 10.000 (masuk kawasan wisata)
Rp. 20.000 (dewasa)
Rp. 15.000 (anak-anak)
Biaya parkir:Rp. 5.000 (motor)
Curug lain:Rp. 10.000 per curug & per orang

Tanya Jawab

Apakah ada kendaraan umum dari stasiun Bogor ke lokasi wisata?

Tidak ada. Sebab lokasi curug ini harus melewati jalan perkampungan. Bagi kamu wisatawan dari luar kota, disarankan untuk menggunakan motor. Bisa menyewa di rental motor yang ada di Bogor.

Berapa jarak dari tempat parkir hingga ke curug?

Jarak parkir mobil ke lokasi curug berkisar antara 800 meter. Sedangkan jarak parkir motor ke lokasi curug berkisar antara 400 meter. Bagi kamu yang tidak ingin jalan kaki, sudah disediakan ojek oleh warga setempat.

Apakah bisa camping di area curug?

Saat ini belum bisa. Pengelola masih memberlakukan jam buka hingga pukul 5 sore. Selain itu, lahan datar masih minim.

Bagaimana kondisi pada musim hujan?

Sama halnya dengan curug pada umumnya, ketika curah hujan tinggi maka debit airnya pun ikut naik. Jadi tidak aman digunakan untuk berenang.

Itu dia sekilas ulasan mengenai Leuwi Hejo. Segera jadwalkan liburanmu bersama dengan orang-orang terdekat.

Suka mengunjungi tempat-tempat baru disela-sela kesehariannya menatap layar komputer.

7 pemikiran pada “Leuwi Hejo”

  1. Curug Leuwi Hejo, masuknya per motor 10.000 dan per orang 15.000 untuk anak anak dan 20.000 untuk dewasa. Jalan dari parkiran ke curug leuwi hejo tidak terlalu jauh, dan sepanjang jalan kita dapat memikmati pemandangan indah. Banyak pedagang celana kolor juga untuk kalian yg lupa bawa. Selain curug leuwi hejo ada lagi curug lain (saya lupa namanya), dari curug leuwi hejo kita lanjut naik lagi sekitar 20 menit lagi untuk naik ke atas. Saya tidak sampai, karna ga kuat. Tapi keseluruhan saya puas ke sana. Karna curugnya banyak. Jadi kita bisa bermain air di tempat yg kita suka, yg lebih sepi dan enak untuk berendam.

  2. Ini adalah curug waktu awal banget b8nggung mau liburan kemana.. Nah setelah sercing dan dapet rekomendasi daru temen jugaa.. Jadilah main kesini.. Dan waktu kesini harganya murah bgt masuk 15rb udh bisa nyebur kecurug leuwi hejo sama ke curug barong Nah kalau ke leuwi lieuk itu bayar lagi sekitar 5rb.. Kalau sekarang udah bedaa masuk aja terakhir 25rb permotor, bayar lagi kalau mau nyemplung ke curug leuwi hejo.. Dan ke lieuk udah beda harga lagi.. Oalah jadi banyak bayar”nya.. Belum lagi suka ada pungliii sbelum menuju kesini.. Semoga samakin naik semakin bagus juga fasilitasnya… 2020 belum kesana lagii sih.. Dan blm tau harga brp…

  3. Bayar parkir 5000,Masuk 25000,kalau di karcis mah 15rb,total ke sana 30rb,banyak pungli memang cuma pas saya jam 8 ke sana gak ada yang maksa,cuma berdiri aja mereka,makanan juga standar,loker 10rb bisa bareng temen gede soalnya,kalau pakai bilas 3rb,airnya dingin,kalau mau ke sini pagi aja,rute ke Cikarang lumayan jelek jalannya, beberapa mulus.

  4. Kedua kalinya ke curug ini, kali kedua kecurug ini airnya sangat bagus, sesuai expetasi. Akses kesana juga tidak susah. Orang yang berjualan disana juga tidak menaikan harganya dengan drastis. Malah menurut saya itu murah dan wajar seperti di warkop warkop pada umumnya.

    Catatan kalau kecurug ini mending dari pagi, kalau tidak suka dengan keramaian.

  5. Awalnya saya skiptis dgn review yg ada. Setelah dijalani sangat bertolak belakang dgn review yang ada. Secara harga objek wisata ini masih make sense utk ukuran wisatawan lokal. Dan curugnya bener2 alami serta bikin kamu betah utk berlama-lama. Dan sekali lagi tdk ada pungli disana dan masyarakatnya masih menjunjung tradisi setempat. Hanya saja yg perlu ditingkatkan adalah terkait pengelolaan limbah sampah, perlu diber tempat sampah pd beberapa titik curug. Bener2 surga yang tersembunyi……

  6. Curugnya asik dan medannya ngga terlalu ekstrim, misalnya naik motor beat masih kuat. Kudu banyak siapin uang receh buat sumbangan, untuk tiket masuknya murah kok. Saran saya pas musim panas kesini biar bening airnya.

  7. Sebelumnya udh banyak yg cerita klo curug ini bagus, tpi pas saya kesana emang beneran bagus . Yg bikin seneng adalah jalan dr tempat parkir tidak terlalu jauh dan gak pake nanjak . COMFORT bgt. Saya sampe taro pengalaman kesana di channel youtube saya.

Tinggalkan komentar