Kebun Raya Bogor

4.7 /5 (6 ulasan)

Apa yang terlintas di pikiran kamu, ketika mendengar tempat wisata Kebun Raya Bogor? Tidak menarik? Membosankan? Atau mungkin kamu langsung berpikir bahwa di sana hanya ada sederetan pohon-pohon yang monoton?

Kalau begitu, mungkin sekarang saat yang tepat bagi kamu untuk membuang semua pikiran itu.

Sebab, pasti kamu akan dibuat terkesima saat mengetahui lebih jauh lagi tentang Kebun Raya Bogor.

Baca juga: destinasi wisata di kota Bogor.

Sejarah

Wisata di Kebun Raya Bogor
Foto: @forestfun.id

Kebun Raya Bogor awalnya ialah bagian dari hutan buatan maupun taman buatan (samida).

Lokasi hutan ini telah ada semenjak zaman pemerintahan Sri Baduga Maharaja (Prabu Siliwangi, sekitar 1474-1513) yang berasal dari tanah Sunda, berdasar atas Prasasti Batutulis.

Mulanya, hutan buatan ini ditujukan untuk menjaga kelestarian lingkungan. Khususnya sebagai tempat memelihara benih-benih kayu yang dianggap langka.

Di samping samida ini, dibuat pula samida yang mirip dan berlokasi di perbatasan Cianjur dengan Bogor (Hutan Ciung Wanara).

Hutan ini kemudian mengalami pembiaran setelah Kerajaan Sunda takluk dari Kesultanan Banten. Hingga Gubernur Jenderal van der Capellen kemudian membangun rumah peristirahatan di salah satu sudutnya di pertengahan abad ke-18.

Di awal tahun 1800-an, Gubernur Jenderal Thomas Stamford Raffles yang tengah mendiami Istana Bogor dan mempunyai minat besar dalam botani, tertarik untuk mengembangkan halaman Istana Bogor menjadi sebuah kebun yang menawan.

Dengan bantuan sejumlah ahli botani, W. Kent, yang ikut membangun Kew Garden di London, Raffles menyulap halaman istana menjadi taman yang mengusung konsep Inggris klasik.

Hal inilah yang disebut-sebut sebagai cikal bakal Kebun Raya Bogor dalam bentuknya yang sekarang.

Baca juga: cimory riverside, tempat makan & rekreasi keluarga terasik.

Daya Tarik

Tahukah kamu bahwa Kebun Raya Bogor merupakan Kebun Raya pertama di Asia Tenggara?

Ya, kebun ini resmi dibangun pada tahun 1817. Bahkan lebih tua dari usia kemerdekaan Indonesia dan memang menyimpan beberapa peninggalan sejarah kemerdekaan Indonesia.

Kebun raya satu ini, nyatanya tidak hanya menawarkan rindangnya pepohonan, tapi lebih dari itu. Mungkin beberapa hal di bawah ini akan merubah anggapan kamu tentang Kebun Raya Bogor.

Baca juga: kebun raya cibodas, destinasi liburan bersama keluarga.

Danau Gunting dan Prasasti Reindwardt

Danau Gunting di Kebun Raya Bogor
Foto: @k11sucore

Danau satu ini selain menawarkan keindahan, juga sarat akan cerita mistis yang dipercaya oleh banyak kalangan. Kamu patut waspada jika berada di danau ini pada malam hari. Hihihi.

Pasalnya, dikatakan bahwa kerap muncul penampakan mulai dari noni Belanda sampai ular besar yang bisa menghilang.

Jika kamu berjalan sedikit kearah menara istana Bogor, kamu juga akan menyaksikan indahnya hamparan bunga Teratai dan Nymphaea yang berwarna pink mempesona di sekitaran lokasi danau.

Terdapat pula Prasasti Reindwardt yang merupakan sebuah prasasti yang dibangun untuk mengenang Georg Karl Reindwart, pendiri Kebun Raya Bogor.

Prasasti tersebut sekillas memang layaknya batu biasa. Namun siapa sangka bahwa prasasti tersebut memiliki kaitan erat dengan Kebun Raya ini.

Baca juga: devoyage bogor, wisata bertemakan Eropa.

Laboratorium Treub

Laboratorium Treub di Kebun Raya Bogor
Foto: @mandiadly

Kalau kamu penggemar serial televisi Indonesia, mungkin tempat ini tidaklah asing. Ya, tempat ini kerap digunakan sebagai background syuting dalam sinetron Indonesia.

Bukan tanpa sebab, tempat ini memang menawarkan pemandangan klasik ala jaman dahulu yang disempurnakan oleh birunya langit.

Yang menarik lagi, di sinilah untuk pertama kalinya dilakukan penelitian Fitokimia (zat dari tumbuhan) di Indonesia.

Jika menilik sejarahnya, bangunan ini memang sebuah laboratorium yang dibangun pada masa Belanda sebagai tempat melakukan penelitian.

Baca juga: kuntum farmfield, wisata edukasi untuk anak-anak.

Museum Zoologi

Museum Zoologi di Kebun Raya Bogor
Foto: @zhahirizfan

Inilah tempat yang wajib kamu singgahi jika berkunjung ke Kebun Raya Bogor.

Di sini kamu akan menyaksikan sekaligus belajar tentang jenis-jenis binatang yang hidup di Indonesia. Lengkap dengan dengan kerangka tulang mereka yang telah diawetkan.

Tak hanya itu, kamu juga bisa melihat aneka diorama yang menerangkan perihal kehidupan hewan-hewan nusantara pada jaman dahulu.

Tercatat terdapat lebih dari 2000 spesies binatang yang terdapat di museum Zoologi.

Baca juga: little venice, tempat rekreasi kekinian.

Jalan Kenari II

Jalan Kenari II di Kebun Raya Bogor
Foto: @adhinagara

Seperti namanya, jalan ini menawarkan sejuknya jalanan yang dikelilingi oleh sederetan pohon kenari yang rindang dengan ukuran besar.

Jalan ini merupakan perwujudan dari Bogor di masa lalu, tepatnya tahun 1970-an. Disini kamu akan menemukan kedamaian serta kesejukan dalam satu waktu.

Sebelum dikenal dengan sebutan kota hujan, Bogor lebih dulu dikenal sebutan kota Kenari. Alasannya tentu karena terdapat banyak sekali pohon kenari yang tumbuh di kota Bogor.

Bahkan banyak warga Bogor yang dulunya mendapatkan penghasilan dengan memanfaatkan bagian dari pohon Kenari ini.

Baca juga: taman bunga nusantara, piknik asik di Puncak.

Taman Astrid

Taman Astrid di Kebun Raya Bogor
Foto: @listii_collection

Tebalnya rerumputan hijau yang berpadu dengan air mancur merupakan pemadangan yang akan kamu dapatkan jika singgah di Taman Astrid.

Nama Astrid sendiri diambil dari seorang permaisuri Belgia yang terkenal akan kecantikannya pada masa itu.

Baca juga: taman safari bogor, rekreasi keluarga banyak promo.

Griya Anggrek

Griya Anggrek di Kebun Raya Bogor
Foto: @leonard_c4me

Tempat ini tentu bagai surga bagi kamu pecinta bunga Anggrek. Pasalnya, tempat ini dikhususkan sebagai tempat penyimpanan dari kurang lebih 500 spesies Anggrek.

Bunga Anggrek di tempat ini tidak hanya diambil dari berbagai hutan di Indonesia, tapi juga terdapat Anggrek hasil silangan atau Hibrida.

Kalau kamu tertarik dengan keindahan bunga-bunga anggrek di sini, kamu juga bisa membelinya lho.

Karena selain sebagai tempat penyimpanan, tempat ini juga berfungsi sebagai toko. Nah, pas bukan untuk melengkapi koleksi anggrek kamu di rumah?

Baca juga: taman wisata matahari, banyak wahana menarik.

Rute ke Lokasi

Lokasi:Jl. Ir. H. Juanda No.13, Paledang, Kec. Bogor Tengah, Kota Bogor
Jam buka:Setiap hari (8.00 – 17.00 WIB)
Akses jalan:Bagus dan mudah ditemukan
Petunjuk:Google maps

Ini dia beberapa rute yang bisa kamu lewati jika ingin mengunjungi Kebun Raya Bogor

Dari Bandung

Bandung (Pasteur) – Gerbang Tol Pasteur – Tol Purbaleunyi – Tol Jakarta Cikampek – Interchange Cikunir – Tol JORR – Interchange Dukuh – Tol Jagorawi – Exit Bogor – Pajajaran – Kebun Raya Bogor

Dari Monas

Medan Merdeka Barat – MH.Thamrin – Bundaan HI – Jenderal Sudirman – Semanggi – Gatot Subroto – Gerbang Tol Semanggi – Gerbang Tol dalam Kota – Interchange Cawang – Tol Jagorawi – Exit Bogor – Pajajaran – Kebun Raya Bogor

Dari Bandara Soekarno Hatta

Bandara – Tol Bandara – Simpang Susun Penjaringan – Tol JORR Barat – Simpang Susun Meruya – Tol JORR – Simpang Susun Taman Mini – Tol Jagorawi – Exit Bogor – Pajajaran – Kebun Raya Bogor

Baca juga: the ranch, wisata hits di Puncak.

Harga Tiket Masuk

Retribusi:Rp. 15.000 (Domestik)
Rp. 25.000 (Turis)
Lainnya:Rp. 5.000 (parkir sepeda motor)
Rp. 5.000 (keliling dengan sepeda)
Rp. 30.000 (keliling dengan mobil)

Tanya Jawab

Jika dari stasiun Bogor, naik angkot nomor berapa?

Kamu bisa menggunakan angkot nomor 07/12 yang menuju ke Kebun Raya Bogor. Sebenarnya jarak tidak terlalu jauh, masih terjangkau dengan jalan kaki. Ini bisa kamu lakukan apabila lalu lintas sedang macet.

Apakah mobil bisa masuk dan keliling di area Kebun Raya Bogor?

Kendaraan roda empat diperbolehkan memasuki area wisata dan berkeliling di sekitar KBR. Namun untuk hari libur dan akhir pekan tidak diperbolehkan karena kepadatan wisatawan.

Dimana letak pintu masuk Kebun Raya Bogor?

Pintu masuk utama berada di dekat Mall BTM dan pasar Bogor (jalan Suryakencana). Sementara pintu kedua ada di samping Kantor Pos (Jl. Ir. H. Juanda), sedangkan pintu ketiga ada di pertigaan Jl. Pajajaran dan Jl. Jalak Harupat serta pintu keempat di seberang kampus IPB.

Apakah Gedung Konservasi bisa disewa untuk acara tertentu?

Bisa, kamu dapat menggunakan gedung ini pada lantai 3 dengan uraian: Ruang Rafflesia (200 orang) dan Ruang kecil A & B (20 orang).

Itulah sekilas pembahasan mengenai Kebun Raya Bogor. Ajak segera keluarga maupun teman kamu jika ingin berkunjung kesana.

Suka mengunjungi tempat-tempat baru disela-sela kesehariannya menatap layar komputer.

6 pemikiran pada “Kebun Raya Bogor”

  1. Tempatnya bersih, harga tiket utk dewasa 15ribu tp anak2 juga sama 15rb pdhl tulisan nya dewasa doang. Ok gpp. Pas masuk adem banyak pohon2 besar.. ada pemyewaan sepeda utk dewasa dan mobil keliling, kan luas ya kebun raya itu sayang banget ada toilet yg ga ada airnya dan jorok banget super2 jorok. lokasi nya dkt taman akuatik trs ada kolam air gtu kotooooorr bgt airnya keruh. Trs banyak motor ngebut, pengendaranya pake atribut TNI dan bawa senpi, mngkin dy jagain presiden tp tolong lah itu kan banyak pejalan kaki dan pas kesitu lagi hari minggu jd mobil ga boleh masuk k dlm, kebayang kan smua pengunjung jalan kaki dan ada pengendara motor yg ngebut2

  2. Taman & koleksi tumbuhannya (tanaman ding) luar biasa.
    Ditata demikian rupa asri dengan sirkulasi (jalan mobil & tracking) yg apik. Di tengahnya dibelah sungai legendaris, Sungai Ciliwung dan tapak tamannya dihubungkan dengan 2 jembatan besar & 2 jembatan penyeberangan orang berupa jembatan gantung yang mengesankan.
    Ada nenek moyang kurma indonesia, koleksi pohonan & tumbuhan tropis, taman mexico yg menyimpan koleksa tumbuhan gurun. Dipagari pohonan tinggi agathis, cemara, pinus, rumpun bambu besar dengan beberapa titik kosong untuk lubang amatan.
    Oh iya ada lagi, pohon kalong. Ini pohon dihuni ratusan kelelawar besar pemakan buah. Saat siang, mereka bergelantungan tidur di ranting pohon dan saat sore mereka beterbsngan satu-satu untuk mencari makan
    Di ujung lainnya, istana bogor terlihat sebagai icon yang lain
    Mengesankan, mampirlah…

  3. ijo royo royo, adeemm, ayeemm, tentreeemm cocok buat terapi mata yg sehari2 liat gedung doang, jadi mata lebih sehat liat pohon2 hijau,, cuma toilet rada jauh2 n kurang bersih, sewa sepeda 15rb, mobil keliling 20rb,, bisa ga kalo cuma 10rban, kasian yg bawa anak tp uang pas2an *pengalaman pribadi niy tapi selebihnya seneng liat anak2 larian sana/i biar sehat. ke museum botani, zoologi nambah ilmu buat anak dan ortu juga. kesini lagi ah ajak krucils. maafkeun kalo fotonya biasa ajah

  4. lingkungan yg alami dan natural.. buat yg tinggal di kota ingin refreshing sekedar jalan-jalan maupun piknik ke tempat yg alami namun tdk terlalu jauh bisa mencoba kesini.. kelestarian alami dgn berbagai macam jenis pohon2 tua yg tetap terjaga dan beberapa tempat yg mempunyai nilai historis beserta udaranya yg sangat sejuk.. cocok untuk menghilangkan penat, recommended..

  5. Buat yang mau cari udara sejuk boleh dateng kemari. Sekaligus melihat kepingan sejarah kita… Siapa kita? BANGSA INDONESIA ✊ disini kita akan melihat istana bogor, pohon-pohon besar yang umurnya puluhan tahun bahkan ada batangnya yang sudah menjadi fosil (bisa dilihat potongan batang di taman Meksiko), kicauan burung kolibri dan burung lainnya, tanaman teratai, kaktus, tulip, bunga bangkai (di musim tertentu), bambu, rotan, tanaman langka yang masih hidup, danau, dan garden shop. Fasilitas: toilet yang bersih dan dingin airnya, taman untuk berfoto dan kumpul, tempat membeli bibit anggrek, bunga sedap malam dan souvenir lainnya (garden shop), dan yang paling penting papan penunjuk arah.

  6. Kebun Raya Bogor ini bagus dan bisa dijadikan tempat rekreasi sekaligus belajar untuk anak-anak. Tempat ini juga menyediakan jasa penyewaan sepeda dan transportation untuk menjelajahi dan mengelilingi kebun raya bogor. Kebun Raya Bogor juga berdekatan dengan Istana Bogor (istana kepresidenan) yg menyatu dengan kebun raya bogor. Jika kita masuk kebagian dalam kebun raya bogor ini sangat bagus karena terdapat sebuah taman yg cantik.

Tinggalkan komentar