Curug Ciherang

4.7 /5 (7 ulasan)

Selain dikenal sebagai kota hujan, Bogor juga dikenal memiliki banyak objek wisata baik alam maupun buatan.

Salah satu dari banyaknya tempat wisata di Bogor yang patut dikunjung ialah Curug Ciherang.

Curug Ciherang terletak di ketinggian 900 mdpl. Seperti curug pada umumnya, CIherang juga menawarkan panorama alam yang indah dengan banyaknya pohon-pohon besar yang rindang.

Jadi, sangat cocok dijadikan sebagai tempat melepas penat dari kebisingan daerah perkotaan.

Baca juga: destinasi wisata alam di Bogor.

Daya Tarik

Curug Ciherang memiliki ketinggian lebih dari 30 meter. Selain itu, debit air yang dihasilkan pun juga terbilang besar. Cukup untuk membuatmu basah saat berada di dekat aliran airnya.

Curug ini memang sudah sangat akrab dengan warga asli Bogor. Namun, kamu yang berasal dari luar daerah Bogor mungkin masih asing dengan curug satu ini.

Maka dari itu, ada baiknya kamu perhatikan hal-hal menarik yang patut kamu ketahui sebagai berikut.

Baca juga: curug bidadari bogor.

Pemandangan Hijau Menyejukkan

Kolam Air di Curug Ciherang
Foto: @elfajar05

Berada di ketinggian, membuat kamu bisa menyaksikan pemandangan pegunungan di sekeliling tempat ini.

selain itu, Curug Ciherang dikelilingi oleh pohon-pohon besar nan lebat. Maka bisa kamu bayangkan bagaimana sejuk serta indahnya pemandangan yang ada di sini.

Air terjun ini juga dilengkapi dengan area kolam kecil alami yang berada tepat di bawah air terjun.

Jika kamu berada di sini, maka kamu akan merasakan guyuran air segar yang menghantam tubuh kamu.

Baca juga: curug cilember di Bogor.

Spot Foto Alam

View di Curug Ciherang
Foto: @daerobbyyy_
Santai di Curug Ciherang
Foto: @jamaludin467

Alam selalu memiliki pesona tersendiri. Tak terkecuali wisata alam di Curug Ciherang ini.

Lokasi curug yang berada di tebing gunung juga membuat panorama yang ada semakin bernuansa alami khas pegunungan.

Tak hanya itu, keberadaan batu-batu besar tempat turunnya air akan menjadi pemandangan yang indah sebagai latar balakang foto kamu.

Namun, kamu patut berhati-hati. Pasalnya, bebatuan di sini termasuk licin akibat terkena aliran air dan beberapa tumbuhan lumut.

Baca juga: gunung pancar di Puncak, Bogor.

Rumah Pohon

Rumah Pohon di Curug Ciherang
Foto: @njoybro.id

Ini dia keunikan yang mungkin jarang bisa kamu dapatkan di curug lain.

Di Curug Ciherang, kamu bisa menikmati pemandangan alam yang memukau dari rumah pohon yang dibuat menyatu dengan pepohonan besar.

Keberadaan rumah pohon disini semakin lengkap dengan adanya jembatan penghubung yang indah.

Kamu bisa menikmati pemandangan alam yang menakjubkan, baik dari rumah pohon maupun dari jembatan ini. Selain itu, jembatan ini juga merupakan spot foto yang menarik lho.

Baca juga: air terjun leuwi hejo di Sentul, Bogor.

Jembatan Gantung

Jembatan Gantung di Curug Ciherang
Foto: @piaaaaa_10

Spot foto lain yang juga menarik ialah di Jembatan Gantung yang tentunya sangat instagenik.

Jembatan ini juga dinilai sebagai tempat favorit para pengunjung untuk mengabadikan momen berlatar pemandangan indah.

Pada weekend, pengunjung sampai harus antre untuk mendapatkan giliran berfoto.

Kolam Renang

Kolam Renang di Curug Ciherang
Foto: @dedepradipta

Ini dia fasilitas baru yang ada di Curug Ciherang. Kolam renang ini memiliki desain yang bagus dan dilengkapi dengan bangunan kapal berwarna merah menyala.

Bayangkan saja, berenang di kolam sambil menikmati langsung pemandangan alam yang terbentang luas.

Perbukitan, pegunungan, serta persawahan merupakan pemandangan yang bisa kamu saksikan ketika kamu berenang di kolam ini.

Untuk menikmati sensasi benerang di kolam tersebut, maka ada paket khusus dengan harga Rp. 35.000. Harga tersebut termasuk harga tiket masuk serta berenang di kolam ini.

Jika kamu tertarik mengunjungi wisata Curug Ciherang ini, maka waktu yang disarankan ialah ketika musim kemarau.

Karena pada musim tersebut, debit air curug tidak terlalu deras serta tanah tidak terlalu becek.

Rute ke Lokasi

Lokasi:Desa Warga Jaya, Kec. Sukamakmur, Kabupaten Bogor
Jam buka:Setiap hari (7.00 – 18.00 WIB)
Akses jalan:Cenderung menanjak, berkelok dan tidak terlalu lebar
Petunjuk:Google maps

Jika kamu ingin berkunjung ke Curug Ciherang, ini dia rute yang bisa kamu lewati.

Dari Jabodetabek (Tidak Lewat Tol)

Sentul City – Jungleland – Jalan Perkampungan Arah Curug Kencana – Pertigaan Gunung Pancar (Lurus) – Curug Leuwi Hejo dan Curug Kencana (Lurus) – Pertigaan Curug Kembar (Kiri) – Pertigaan arah Jonggol (kanan) – Pasar di wilayah Perbatasan Jonggol (kanan) – Curug Ciherang

Dari Bandung

Kantor Kepala Desa Hegarmanah – Pertigaan Sukaluyu – Jalan Raya (Cobogo-Ciranjanjang) – Jalan (Cinangsi-Cibogo) – Mekargalih – TPA Gunung Batu – Wanayasa – Curug Ciherang

Harga Tiket Masuk

Retribusi:Rp. 35.000 per orang (weekday)
Rp. 45.000 per orang (weekend)
Rp. 2.000 (rumah pohon)
Biaya parkir:Rp. 5.000 (motor)
Rp. 10.000 (mobil)
Fasilitas:Kolam renang (gratis)
Transportasi dari parkiran ke curug (gratis)
Warung makan
Toilet
Mushola

Tanya Jawab

Apakah bisa dituju menggunakan bus?

Tidak memungkinkan. Sebab, kondisi jalur menuju wisata ini cenderung menanjak, berkelok dan tidak terlalu lebar.

Apakah bisa dilalui dengan motor/mobil matic?

Bisa. Namun kendaraan harus dalam keadaan prima dan supir harus tetap waspada dan menguasai kendaraan. Direkomendasikan menggunakan kendaraan manual.

Apakah ada penginapan di sekitar area wisata?

Ada. Kamu bisa menemukan beberapa villa atau bahkan sewa peralatan camping (tenda). Lebih jelasnya bisa ditanyakan melalui pengelola yang menjaga loket masuk.

Itu dia sekilas ulasan mengenai Curug Ciherang yang berada di kabupaten Bogor. Segera agendakan liburanmu bersama orang-orang terdekat. Selamat piknik!

Suka mengunjungi tempat-tempat baru disela-sela kesehariannya menatap layar komputer.

7 pemikiran pada “Curug Ciherang”

  1. Tgl 25 jan 2020(sabtu) .
    Masya Allah suasananya enak bgt dan alhamdulillah murce
    Masuk 40rb/org udah Include semuanya termasuk mobil menuju curug kolam renang dll
    Parkir 5rb/motor
    10rb/mobil.
    Jajanan relatif biasa aja harganya gak terlalu mahal bakso 17rb/porsi pisang goreng isi 6 15rb cireng isi 6 10rb minuman juga gak terlalu mahal sekitaran 10rban. Ke curug nya jalan kaki gak terlalu jauh, jalannya batu2 dan udah tertata rapi jd nyaman dipijak.untk orang tua sih lumayan capek, disarankan pakai sandal yg nyaman bawa makanan minuman krn dicurugnya gak ada yg jual makanan Kec klo arah menuju curug ada bbrp warung makan. INGAT BUANG SAMPAH PADA TEMPATNYA (Udah tersedia di curugnya)

    Kaos dewasa ukuran XL 40rb murce
    Baju anak kecil 35rb per stel murce

    Masuk jalannya juga udah aspal dan agak jauh lewatin rumah2 penduduk tapi worth it dgn apa yg akan kalian dapatkan view yg keren dimulai dr sepanjang jalan ampe lokasi trus Pelayanan juga ramah, banyak bgt petugasnya.
    Ruang ganti dekat curug bayar 2rb/org.

  2. Htm 40rb dewasa weekend. Anak anak gratis. Parkir mobil 10rb. Sudah termasuk berenang di mini waterpark, serta naik odong2 ke curug. Kalau menginap/sewa villa/tenda hanya byr 15rb. Pemandangan oke..instagramable tergantung ambil foto nya . Mandi di curug seru kalau tidak terlalu ramai. Waktu saya berkunjung hari sabtu, tidak bgtu ramai. Saran saya bawa makanan, sbab makanan nya mahal. Bakso goreng 1 tusuk 5000 keras pulak

  3. Rekomend pokonya gila parah mantap. Cuman kalau mau ke curug siap2in aja kakinya jangan ampe gempor. Tapi kamu bakalan puas disajikan pemandangan alamny terbayar lunas. Eh Ampe temen2 gw pada bls story nanyain dmna itu pada ga percaya d daerh jonggol. Btw gw cari2 jembatan gantungnya sblah mna si.

    Minus nya harga tiket masuknya kemahalan anjir masa 85k gw berdua ama bini. Padahal liat ulasan disni ga nyampe sgitu padahal gw hari biasa ksitu bkn weekend.

  4. Tiket masuknya cukup mahal dibanding curug lainnya yg berada disekitaran ciherang, namun di ciherang bukan hanya bisa menikmati air terjun saja. Disana ada fasilitas kolam renang yg sudah 1 paket dengan tiket masuk. Tempatnya bersih, jika ingin kesana pastikan membawa sandal dan menggunakan sepatu karena jalanannya cukup terjang dan berbatu. Didalam ada warung yang menjual mie instan, bakso dan beberapa cemilan. Wisata curug yang cukup besar dan sangat rapih. Juga ada toilet untuk bilas yg berbayar 2rb, tapi biasanya jika berkunjung di hari biasa tidak banyak toilet yang buka. Didalam juga ada tukang foto langsung cetak tapi yang itu harganya beda lagi yaa dari tiket masuk.

  5. Tempat yang sangat butuh perjuangan untuk menikmatinya. Menuju tempat wisatanya merupakan jalan yang panjang, berliku, dan lubang yang jangan sampai terjebak karena dapat membuat kendaraan cepat rusak. Ketika sudah sampai, harus mendaki cukup panjang. Pertama disajikan anak tangga yang jika menengok ke atas sangat tidak mengenakan.

    Tapi ketika sudah dilalui, akan ada bonus jalan landai dan curug sudah dapat dilihat. Anda bisa menyaksikan curug dari atas atau dari bawah. Bahkan bisa berenang jika mau. Dan kerennya ada tempat untuk berganti baju salin. Tapi jangan harap tempat salinnya bagus seperti di kolam renang di kota.

    So far curug ini sangat keren.

  6. Curug yang amazing mau ketemu sama curugnya dengan perjuangan yg keras karna tangganya itu loh ruaarrr biaaasaa kaya ga da ujungnyatapi puas sih pas udh ketemu curugnya terasa suasana yg adem banget sejuk plus plus…airnya super duper dingin..

  7. Salah satu wisata yang asyik banget buat dikunjungi. Berjarak tidak jauh dari Jakarta, kita sudah bisa menikmati pesona keindahan alam air terjun Ciherang ini. Selain bisa menikmati keindahan air terjun kita juga bisa berenang di kolam renang dengan air kolam yang menyegarkan. Fasilitas ada parkir, mushola, kantin. Biaya masuk sudah termasuk HTM kolam renang. Harga HTM weekend 1org+motor 45.000

Tinggalkan komentar