Curug Bidadari Bogor

4.3 /5 (8 ulasan)

Sentul Paradise Park sebagai wisata elite nyatanya juga mampu menyuguhkan wisata alam yang tak kalah mumpuni dari tempat lain.

Curug Bidadari, sebuah air terjun yang memiliki sejuta pesona yang mampu mengalihkan perhatian kamu.

Berada di antara pegunungan di Jawa Barat, menjadikan banyak sumber mata air yang mengalir ke tebing, hingga akhirnya terciptalah air terjun ini.

Dengan banyaknya sumber mata air di sekitar curug, membuat aliran air di curug ini sangat deras dengan volume air yang sangat banyak pula.

Baca juga: objek wisata air terjun di Bogor.

Daya Tarik

Tinggi dari air terjun ini kurang lebih mencapai 50 meter. Dengan ketinggian tersebut, suara yang ditimbulkan juga sangat keras.

Bahkan, tak jarang menyebabkan aliran air menjadi kotor. Sehingga kamu tidak setiap saat bisa bermain air di kolam bawah air terjun ini.

Tapi, kamu jangan khawatir, karen jika kamu berkunjung setelah hujan turun, air di curug akan bersih dari segala jenis kotoran maupun tanah liat.

Selain itu, di tempat ini kamu juga bisa menemukan berbagai hal menarik lainnya seperti berikut.

Baca juga: curug ciherang di Bogor.

Merasakan Kesegaran Curug Bidadari

Suasana Alam di Curug Bidadari Bogor
Foto: @habhi_msm

Melihat air yang mengalir begitu derasnya tentu membuat kamu merasakan kesegaran yang alami bahkan hanya dengan memandangnya saja.

Namun, untuk pengalaman yang lebih menyenangkan, kamu juga bisa mandi di kolam di bawah curug tersebut.

Meskipun volume air yang dihasilkan tinggi, kolam di bawah aliran air terjun ini tidak terlalu dalam.

Oleh karena itu, banyak wisatawan yang memanfaatkannya untuk merasakan kesegaran mandi di bawah guyuran air terjun ini.

Meskipun begitu, kamu harus tetap berhati-hati ya!

Baca juga: curug cilember di Puncak, Bogor.

Bermain Air di Water Park

Waterpark di Curug Bidadari Bogor
Foto: @harrissentulcity

Meskipun memiliki kolam alami, Curug Bidadari juga dilengkapi dengan kolam buatan seluas kurang lebih 6.000 meter persegi.

Kolam buatan ini dibentuk menyerupai pantai lengkap dengan pasir putihnya yang didatangkan dari Belitung. Sungguh menarik bukan?

Seperti water park pada umumnya, kolam buatan ini juga dilengkapi dengan seluncur air lho!

Sisi kiri dari kolam mini tergolong dangkal, yang sangat cocok untuk area bermain maupun berenang bagi anak-anak.

Selain itu, tersedia pula tempat penyewaan ban, pelampung, hingga sepeda air.

Baca juga: gunung pancar di Sentul, Bogor.

Menyusuri Jembatan Melewati Batu Belah

Batu Belah di Curug Bidadari Bogor
Foto: @faisalrizkyalbani_

Keunikan dari tempat ini ialah terdapat batu belah berukuran besar yang menutupi dasar dari aliran air terjun.

Di tengah batu yang terbelah inilah terbentang jembatan sebagai jalan bagi pengunjung dari luar yang ingin menuju area air terjun Bidadari.

Terdapat dua jembatan yang disediakan untuk menuju area air terjun.

Jembatan pertama terbentang dari pinggir kolam buatan menuju batu besar. Kemudian, jembatan kedua terletak di antara batu besar tersebut untuk menuju area sekitar lokasi air terjun.

Sekedar informasi, batu besar ini pertama kali ditemukan saat pengelola melakukan penggalian untuk membangun kolam buatan.

Dari sini lah terlihat batu yang semula terpendam di kedalaman tanah, di bawah kolam alami air terjun. Kemudian batu ini dibelah sebagai akses jalan menuju air terjun.

Baca juga: curug leuwi hejo di Sentul, Bogor.

Keseruan Outbond

Outbound di Curug Bidadari Bogor
Foto: @habibie_ambon

Wisata alam nampaknya kurang lengkap jika tidak dilengkapi dengan wahana bertemakan outbond.

Jika kamu merupakan penggemar aktivitas satu ini, maka kamu harus mencoba outbond yang disediakan oleh pengelola wisata Curug Bidadari.

Terdapat flying fox yang terbentang melintas mulai dari air terjun sampai ke water park.

Sembari meluncur, kamu bisa menikmati pemandangan derasnya air terjun serta kolam di bawah kamu.

Terdapat pula kolam terapi sekaligus relaksasi ikan serta wahana perahu tangan. Menarik ya?

Background Foto Memukau

Daya Tarik di Curug Bidadari Bogor
Foto: @inagaartahsasta
Spot Foto di Curug Bidadari Bogor
Foto: @tristan_ariq

Tidak hanya memuaskan pengunjung dengan permainan air yang disediakan, para pengelola juga menyediakan spot-spot foto menarik untuk para pengunjung.

Spot foto ini sengaja dibangun setinggi air terjun, agar pemandangan yang di dapat berupa aliran air yang indah dan menyejukkan.

Wisata Kuliner

Kuliner di Curug Bidadari Bogor
Foto: @qoerie_internazionale

Bermain air selama beberapa waktu, tentu menguras tenaga kamu juga kan?

Nah, di sekitar lokasi Curug Bidadari ini, disediakan pula tempat makan & minum dengan bentuk saung atau gazebo.

Saung-saung ini terdapat di dalam maupun luar kawasan air terjun. Jika kamu berminat, kamu bisa menyewa saung-saung ini dengan lama sewa sekitar dua jam.

Selain untuk makan, kamu juga bisa menyewa saung untuk keperluan istirahat lho!

Sebagai alternative lain, kamu juga bisa menggelar tikar di area terbuka tanpa batas waktu.

Rute ke Lokasi

Lokasi:Jl. Sentul Paradise Park, Bojong Koneng, Kec. Babakan Madang, kabupaten Bogor
Jam buka:Setiap hari (6.00 – 17.00 WIB)
Akses jalan:Menanjak curam dan berkelok
Petunjuk:Google maps

Jika ingin menikmati keindahan Curug Bidadari ini, berikut rute yang bisa kamu tempuh.

Dari Jakarta

Tol Jagorawi – Tol Sentul – Sentul Paradise Park – Curug Bidadari.

Dari Bandung

Bandung (Pasteur) – Gerbang Tol Pasteur – Tol Purbaleunyi – Tol Jakarta Cikampek – Interchange Cikunir – Tol JORR – Interchange Dukuh – Tol Jagorawi – Tol Sentul – Sentul Paradise Park – Curug Bidadari.

Harga Tiket Masuk

Retribusi:Rp. 40.000 per orang
Biaya parkir:Rp. 5.000 (motor)
Rp. 10.000 (mobil)
Lain-lain:Rp. 60.000 (sewa saung per 2 jam)

Tips Saat Berkunjung

  • Pastikan kendaraan pribadi dalam kondisi prima dan supir dengan skill yang memadai. Pasalnya kamu akan melalui jalan yang cukup terjal, curam dan berkelok dengan jalan yang rusak di beberapa titik.
  • Gunakan provider yang memiliki sinyal kuat apabila menggunakan google maps sebagai petunjuk. Apabila sinyal hilang, kamu masih bisa bertanya dengan warga lokal.
  • Hindari jam kunjungan diatas pukul 12 siang agar kamu bisa puas berlama-lama dan pulang tidak terlalu sore.
  • Siapkan baju ganti jika ingin bermain air di lokasi curug.
  • Siapkan uang pecahan receh untuk kebutuhan-kebutuhan kecil dan tak terduga.

Tanya Jawab

Bagaimana rute dari stasiun Bogor menggunakan kendaraan umum?

Setelah dari stasiun Bogor, jalan sedikit ke balai kota. Lalu gunakan angkot nomor 05 Cimahpar yang ke Cijayanti.

Setelah itu, kamu bisa menggunakan ojek dari warga untuk menuju ke lokasi. Namun, disarankan dari stasiun Bogor untuk menggunakan transportasi online agar lebih mudah.

Apakah jalur bisa dilalui oleh bus?

Pada saat ini tidak memungkinkan. Karena jalan menuju ke lokasi wisata ini masih sempit, terjal dan curam. Alternatif bisa menggunakan kendaraan seukuran elf.

Apakah cocok untuk semua kalangan usia?

Iya. Curug ini tidak memerlukan trekking yang berat. Lokasinya pun berada dekat dengan area parkir kendaraan. Jadi, cocok untuk anak-anak maupun orang tua.

Itu dia ulasan mengenai Curug Bidadari yang berada di Sentul, Bogor. Wisata ini bisa kamu sambangi bersama teman, pasangan maupun keluarga.

Suka mengunjungi tempat-tempat baru disela-sela kesehariannya menatap layar komputer.

8 pemikiran pada “Curug Bidadari Bogor”

  1. Pas pertama liat tulisan sentul paradise itu berasa kaya yg wah gitu bagus pas masuk tiket masuknya itu aku bilang sih cukup mahal yah 50.000 perorang loh hanya untuk melihat curug saja dan biaya parkirnya itu beda lagi dan ternyataaaaaaaaa curug nya juga gak bagus biasa aja gitu. fasilitas musholanya itu kurang bagus juga. tidak ada wahana ini itu nya di curug ini bener-bener deh cuman curug yg biasa aja gitu. yang jualan-jualan juga jarang paling ada 1 atau 2 warung aja. tapi pas saya kesini sih kaya lagi pembuatan kolam renang gitu. semoga aja sih kolam renangnya bagus dan ada waterboomnya biar gak polos banget gitu yg cuman ngandelin curug aja kan kalau ada wahana ini itu segala macemnya orang2 juga pasti pada tertarik untuk datang ke curug ini. meskipun lokasinya itu bener-bener masuk lagi deh jauuuuuuuhhhh banget dari jalan raya tuh dan gak ada sinyal pula padahal udah pakai provider yg terkenal bagus sinyalnya, jadi kalau disini nyasar-nyasar yah paling nanya-nanya aja sih ke penduduk situ yah

  2. Jalan menuju kesana yang jelek dan banyak pungutan liar sepanjang jalan…bikin gak nyaman…tiket per orang 40ribu kalo weekend..ini dipungutnya pas di depan gerbang yang jaraknya sekitar 500m ke lokasi…tiba dilokasi ada pos pengecheckan tiket lagi….yang anehnya masih diminta uang kebersihan 10rb…baru ini wisata air terjun yang tiket sudah mahal tapi masih diminta yang kebersihan.. ada kolam air buat berenang tp kyknya kolamnya jarang dibersihin pdhl airnya jernih jadi seolah2 airnya berwarna coklat..dan juga kasian buat pedagang2 disana…klo orang kapok kesana Krn experience nya dah gak oke…pdhl air terjunnya sendiri bagus…perlu ditingkatkan layanan dan akses kesana…

  3. Curug bidadari yg berada di kawasan bojong koneng, sentul ini, cukup menarik untuk coba di kunjungi oleh para penghoby wisata alam, terutama wisata air alami,

    Jalan yg mudah di akses oleh kendaraan roda empat pun jadi salah satu nilai tambah, kenapa kita harus nyoba berkunjung ketempat ini.

    Sepengetahuan saya, ada 2 jalan akses buat ke tempat ini.
    Bisa lewat jalan cijayanti lalu ke jln gunung batu.
    Atau lewat jalan Bojong koneng kemudian ke jln gunung batu.
    Di kedua jalan tersebut tidak ada kendala yg berarti, kondisi jalan cukup bagus terutama bila melewati jln Bojong koneng jalanan sangat mulus,

    Yg perlu di persiapkan hanya kondisi motor /mobil yg sehat dan skil berkendara yg cukup.
    Karena kita harus melewati tanjakan yg sangat panjang , cukup curam, dan berbelok ,di kedua jalan akses tersebut .

    Yg lebih menguras tenaga adalah ketika kita sudah masuk ke dalam kawasannya dari gerbang tiket ke parkiran . Kita akan di sambut oleh jalan sepanjang sekitar 2km dengan kondisi yg ”buruk” kontur yg turun naik, curam dan sangat menegangkan apalagi anda pake motor matic, pada saat turunan terakhir sebelum parkiran. Anda wajib mbejek rem dengan sekuat tenaga.

    Tiket masuk ke tempat ini cukup mahal, klo di banding dengan curug curug lain yg ada di Bogor.
    Yaitu
    25k /orang saat weekday
    30k/orang saat weekend
    40k/orang saat specialday
    50k/orang untuk tourist

    Kira kira seperti itu,
    Yg tertulis di loket.

  4. So beautiful
    Tapi syg msih banyak pungli dijalan² yg mengarah kecurug, tiket masuk weekend 40k/org blum parkir 5k di dlem, dan jalannya rusak parah dan klo mau ganti baju, kencing, loker, tempat duduk/tiker, pelampung masing² ad harga, kolamnya kotor, syg sekali jadi sepi

  5. Tempatnya sih bagus, tapi akses dari jalan utama ke lokasi curugnya blum ada perubahan, dari awal saya ksana di tahun 2016,sampai sekarang sudah tahun 2020, masih rusak jalannya. Kedepannya lebih di perhatikan lagi mengenai jalannya. Terimakasih.

  6. Pas banget buat liburan bersama keluarga kecil,sarana kolam renang yang luas dan air terjun yg indah…Suasana/view buat selfie pun sangat bagus..Dan yang terutama Gak nguras kantong untuk Biaya Masuknya…Pokoknya puas…

  7. Kalo buat wisata keluarga si cocok bgt. sekedar wisata santai buat anak perumahan yg gak suka terlalu cape karena dari parkiran lokasi curugnya gak jauh, di bawah aliran curugnya sudah dibuat kolam buat anak anak main air cocock bgt,

  8. Udaranya sejuk dan segar pemandangan nan asri ada kolam renangnya, namun sangat disayangkan jalan menuju lokasi tidak terlalu besar dan rusak…mohon Pemda Bogor agar menjadi perhatian

Tinggalkan komentar